wallpaperswa.com/ |
Sebenarnya sih cuma pengen komen gimana
mbak Rimbi nyeritan perempuan-perempuan kreasinya, tapi pas mau komen rasanya
udah mirip satu postingan, maka dibikin coretan aja sekalian biar lebay #eh
Nggak tau kenapa, perempuan hasil rekayasa
mbak Rimbi rasanya selalu punya tipe yang sama. Perempuan bersahaja pake
bingit. Ngebaca coretan mbak Rimbi soal perempuan di lingkungan keluarga boleh
dibilang nyaris selalu adem, ayem tentrem, gemah ripah loh jinawi. Kerasa
banget ngemong dan jiwa jawanya. Penuh unggah-ungguh, tata tentrem, sopan dan
kurang ekspresif.
Tapi jangan tanya klo mbak Rimbi udah
ngegoresin pena elektroniknya di tempat kerja. Mereka ngedadak, tangguh,
pekerja keras, dan sigap, entah dia seorang asisten artis, bos, bahkan
sekertaris. They are truly professional.
Tapi buat saya yang lebih menarik bukan
itu. Kita bukan cuma diajak ngerasain gimana sibuknya mereka di tempat kerja,
wara-wiri sana-sini, ngatur time
table dengan segala tetek bengeknya
tapi kita juga diajak ngintip isi batok mereka, Cingulate Arterior Cortex kata
orang sono bilang.
Mungkin banyak orang bilang coretan mbak
Rimbi kurang ekspresif, tapi soal rasa, emosi, sama ngekpresiin perasaan diri,
mbak Rimbi jagonya. Rasanya untuk soal yang beginian mbak Rimbi betah banget
berlama-lama ngekspresiin rasa tokohnya. Coretan khas mbak Rimbi yang runut,
runtut singkat dan enak dibaca, rasanya lebur disini.
Mungkin buat mereka yang doyan nikmatin
fiksi tahu gimana rasanya masuk ke dalam cerita, nikmatin gimana ikut maen di
dalam sana. Dan di karakter utama mbak Rimbi,
Pikiranku
blank. Berjam-jam duduk di depan komputer dan tidak melakukan apa-apa.
Bolak-balik membaca naskah skenario dan tidak masuk-masuk. Badanku di sini,
entah pikiranku ke mana. Rasaku kembali hampa.
kita biasanya diajak untuk maen-maen
kesana juga, dekripsinya hidup. Racun inilah yang biasanya bikin penikmat
cerita betah buka lembar demi lembar cerita, bahkan rela mundur beberapa
halaman untuk mastiin kita ngga lupa detil ceritanya.
Sayangnya sempat beberapa kali coretan
mbak Rimbi, kenikmatan ngebacanya sedikit berkurang. Pertama karena deskripsi
dirinya kadang panjang klo ngga termasuk banyak. Di halaman ini boleh jadi
sebaris dua baris, di halaman laen begitu juga #ngga tau kenapa bacanya jadi
ngerasa penuh, kurang bisa nikmatin dinamika ceritanya jadinya.
Biasanya klo kita udah nikmatin coretan,
entah itu fiksi atau bukan, kita bisa ngerasain novel ini dibikinnya
keburu-buru atau nggak, dan di beberapa bagian fiksi mbak Rimbi, rasa
keburu-burunya cukup kerasa.
Ngeceknya sih sebenernya gampang-gampang
aja. Kadang karena kalimat-kalimat tulisan mbak Rimbi pendek-pendek, saya milih
baca keras, kayak emak ngebacain cerita buat anaknya gitu. Di sinilah asiknya
nikmatin cerita mbak Rimbi, intonasinya enak banget buat didenger, cuma rada
sedikit garing klo banyak yang berima sama, kesanya kaku, 11-12 sama kalimat
yang saya tulis ini. Nah biasanya klo udah dapet feel, saya lanjut pake bahasa
kalbu, soalnya klo dibaca terus meniran bibir sayah.
Nggak tau kenapa sebelum nyampe klimaks,
fiksi mbak rimbi kadang serasa muter-muter, seakan buat ngegenepin jumlah
halaman biar banyak #eh. Giliran abis klimaks, ceritanya seakan diajak sprint,
seakan pengen cepet-cepet kelar aja. Kenikmatan baca kalimat yang pendek-pendek
diawal cerita rasanya ikut sirna
nyimak :)
ReplyDelete