Tuesday, April 28, 2015

Ciri Khas Coretan Mbak Arimbi Bimoseno

wallpaperswa.com/

Sebenarnya sih cuma pengen komen gimana mbak Rimbi nyeritan perempuan-perempuan kreasinya, tapi pas mau komen rasanya udah mirip satu postingan, maka dibikin coretan aja sekalian biar lebay #eh     

Nggak tau kenapa, perempuan hasil rekayasa mbak Rimbi rasanya selalu punya tipe yang sama. Perempuan bersahaja pake bingit. Ngebaca coretan mbak Rimbi soal perempuan di lingkungan keluarga boleh dibilang nyaris selalu adem, ayem tentrem, gemah ripah loh jinawi. Kerasa banget ngemong dan jiwa jawanya. Penuh unggah-ungguh, tata tentrem, sopan dan kurang ekspresif.

Tapi jangan tanya klo mbak Rimbi udah ngegoresin pena elektroniknya di tempat kerja. Mereka ngedadak, tangguh, pekerja keras, dan sigap, entah dia seorang asisten artis, bos, bahkan sekertaris. They are truly professional.

Tapi buat saya yang lebih menarik bukan itu. Kita bukan cuma diajak ngerasain gimana sibuknya mereka di tempat kerja, wara-wiri sana-sini, ngatur time table dengan segala tetek bengeknya tapi kita juga diajak ngintip isi batok mereka, Cingulate Arterior Cortex kata orang sono bilang.

Mungkin banyak orang bilang coretan mbak Rimbi kurang ekspresif, tapi soal rasa, emosi, sama ngekpresiin perasaan diri, mbak Rimbi jagonya. Rasanya untuk soal yang beginian mbak Rimbi betah banget berlama-lama ngekspresiin rasa tokohnya. Coretan khas mbak Rimbi yang runut, runtut singkat dan enak dibaca, rasanya lebur disini.

Mungkin buat mereka yang doyan nikmatin fiksi tahu gimana rasanya masuk ke dalam cerita, nikmatin gimana ikut maen di dalam sana. Dan di karakter utama mbak Rimbi,

Pikiranku blank. Berjam-jam duduk di depan komputer dan tidak melakukan apa-apa. Bolak-balik membaca naskah skenario dan tidak masuk-masuk. Badanku di sini, entah pikiranku ke mana. Rasaku kembali hampa.

kita biasanya diajak untuk maen-maen kesana juga, dekripsinya hidup. Racun inilah yang biasanya bikin penikmat cerita betah buka lembar demi lembar cerita, bahkan rela mundur beberapa halaman untuk mastiin kita ngga lupa detil ceritanya.

Sayangnya sempat beberapa kali coretan mbak Rimbi, kenikmatan ngebacanya sedikit berkurang. Pertama karena deskripsi dirinya kadang panjang klo ngga termasuk banyak. Di halaman ini boleh jadi sebaris dua baris, di halaman laen begitu juga #ngga tau kenapa bacanya jadi ngerasa penuh, kurang bisa nikmatin dinamika ceritanya jadinya.

Biasanya klo kita udah nikmatin coretan, entah itu fiksi atau bukan, kita bisa ngerasain novel ini dibikinnya keburu-buru atau nggak, dan di beberapa bagian fiksi mbak Rimbi, rasa keburu-burunya cukup kerasa.

Ngeceknya sih sebenernya gampang-gampang aja. Kadang karena kalimat-kalimat tulisan mbak Rimbi pendek-pendek, saya milih baca keras, kayak emak ngebacain cerita buat anaknya gitu. Di sinilah asiknya nikmatin cerita mbak Rimbi, intonasinya enak banget buat didenger, cuma rada sedikit garing klo banyak yang berima sama, kesanya kaku, 11-12 sama kalimat yang saya tulis ini. Nah biasanya klo udah dapet feel, saya lanjut pake bahasa kalbu, soalnya klo dibaca terus meniran bibir sayah.

Nggak tau kenapa sebelum nyampe klimaks, fiksi mbak rimbi kadang serasa muter-muter, seakan buat ngegenepin jumlah halaman biar banyak #eh. Giliran abis klimaks, ceritanya seakan diajak sprint, seakan pengen cepet-cepet kelar aja. Kenikmatan baca kalimat yang pendek-pendek diawal cerita rasanya ikut sirna


Begitulah komen ngawuriah saya yang babar blas ngga bermutu soal ciri khas coretan mbak rimbi, moga-moga berkenan dan terima klepon.  

1 comment: