Wednesday, January 29, 2014

Pertarungan Timpang Lakers vs. Pacers


                                                                                        

Pertarungan Lakers vs. Pacers hari ini tampaknya akan berjalan timpang.  Walaupun terkesan bombastis, tidak terlalu sulit memprediksi pertandingan kali ini,  cukup lihat fakta statistik. Sampai saat ini Pacers menjadi salah satu tim dengan rekor terbaik yaitu 34 menang dan 9 kalah. Berbeda dengan Lakers dengan 16 kali menang dan 29 kali kalah.
Melihat depth chart Pacers, statistik poin mereka cukup merata, dengan double digit diraih Solomon Hill, Lance Stephenson, Paul George, David West, dan Roy Hibbert, dengan rataan poin tertinggi dipegang oleh Paul George dengan 23,5 poin. Jangan lupakan kontribusi CJ Watson, Danny Granger dan Luis Scola. Kelebihan tim ini ada pada eksekusi yang baik, dari wilayah dua dan tiga angka. Dari sisi fisik, rata-rata, pemain Pacers juga cukup kekar dan cepat. Satu faktor yang cukup berperan dalam permainan fisik dan adu perebutan bola di paint area,  
Permainan fisik dan kecepatan pemain tim lawan adalah kelemahan mendasar Lakers musim ini. Secara statistik sebagian besar pemain Lakers adalah shooter, dengan rataan tembakan tiga angka diatas 30 persen. Artinya, Jordi Meeks, Nick Young, Weshley Johnson, bahkan Ryan Kelly akan cenderung menembak dari wilayah tiga angka atau paremeter saat mendapat umpan matang dari Kendal Marshall. Sayangnya kesempatan meraih angka dari permainan Pick and Roll seperti ini tidak selalu bagus, walaupun second chance point Lakers cukup potensial dengan adanya Jordan Hill.
Bisa ditebak dengan rata-rata fisik pemain Pacers yang kekar dan cepat Fast Break point bisa jadi sumber Pacers mendulang angka. Belum lagi gaya Pau Gasol yang cukup sering menjadi pemantul bagi pemain lain. Jika umpannya bagus, maka Pau akan mencatatkan namanya sebagai pencetak assit. Sayang umpanya sering terlepas, bukannya mencetak assist, gaya ini memberi kesempatan lawan untuk mencetak fastbreak point.


Tapi basket tidak selalu soal statistik. Lakers punya peluang mengimbangi Pacers. Selain dari tembakan tiga angka, peluang Lakers mengimbangi Pacers bisa saja dilakukan lewat permainan di Paint area. Wesley Johnson dan Jordi Meeks, bisa lebih sering menusuk, hingga peluang mendapat Free Throw dari defensive fault cukup besar.

jika ini terjadi pertandingan akan berjalan menarik, Jual beli tembakan tiga angka bisa saja terjadi. Melihat statistik Paul George, George Hill, dan Roy Hibbert punya rataan tembakan tiga angka diatas 35 persen, artinya dari tiga kesempatan, satu tembakan berpeluang menghasilkan tiga poin. Tembakan tiga angka Lakers juga tidak kalah bagus, Nick Young, Jordi Meeks, Wesley Johnson, Kendall Marshall bisa memberi kejutan. Kuncinya, tim yang mampu menguasai paint area dan memiliki akurasi lebih baik dalam tembakan tiga angka bisa saja menang. Bisa saja Pacers atau malah Lakers. 

No comments:

Post a Comment