Friday, July 18, 2014

Lovely Lesson from the Marcell's

Apa sih yang kita dapet dari sebuah cerita, cerita kelinci dan kura-kura misalnya? Jawaban kita belom tentu sama. Mungkin ada yang bakal jawab begini “kelincinya sih sombong, coba deh klo kelincinya ga pake bobo dulu segala, bakal ngacir duluan tuh kelinci.” Pendapat lain mungkin bilang “kura-kuranya hebat ya, walaupun dia tau klo adu lari bakal kalah, dia tetep lari dan lari dan akhirnya menang.”
Kalaupun ada pendapat laen ga masalah, dua pendapat diatas cuma contoh pendapat yang mungkin keluar dari anak-anak temen cela-celaan saya, daddy Marcell (kadang saya anggep sodara sih, terutama klo ada maunya wkwkwkwk).
Jawaban kira-kira model pertama kayaknya keluar dari putra Daddy Marcell, sebut aja si (Nathan) Boy. Pendapat ngawur saya ini sebenernya ga ngarang-ngarang amat. Maklum menurut si Daddy-nya, Boy ini opininya tajem dan kadang unpredictable. Dan jawaban kedua itu kemungkinan gede dateng dari cici-nya si Boy, cici Fio. Putrinya daddy Marcell yang wise, yang saya yakin kadang lebih wise dari daddynya wkwkwkwkkwk
Mungkin yang baca note ini bakal nanya-nanya, kenapa saya mendadak bawa-bawa nama anak-anaknya daddy Marcell pas cerita soal dongeng anak beginian. Dan siapa pula mahluk bernama daddy Marcell ini.
Ngedengerin opini dari cerita inspiratif bukan barang baru buat anak-anak si Marcell. Boleh dibilang sampe setara SMP disini, Cici  ma si Boy yang masih SD ini dibiasain ngeluarin pendapat dari apa yang mereka saksiin, denger, sampe mereka alamin, bisa dari bible, film, bacaan, sampe cerita pengantar bobok.  Suatu hal yang udah jarang kita lakuin, yang konon sok sibuk ini.
Dari ritual inilah komunikasi Daddy Marcell, Mami Susan, Cici ma Boy berjalan baik. Bahkan di keluarga Daddy Marcell, seakan tanpa sekat, mereka berempat bisa ledek-ledekan satu sama laen termasuk, nyamain lucunya si Daddy sama teletubbies (Wibi, temen cela-celaanya daddy Marcell, keknya setuju banget soal yang ini wkwkwkw). Suatu gaya keluarga yang mungkin dianggap unik buat keluarga yang laen.
Cerita ledek-ledekan ala keluarga Marcell ini bukan saya karang bebas. Tapi emang diceritain langsung sama daddy Marcell sendiri, lewat ocehan onlinenya. Kenapa saya bisa apal? Karena Marcell adalah salah satu temen online paling konsisten yang saya (sok) kenal. Coretannya ngga jauh-jauh dari cerita Cici, Boy, Mami, sama kenarsisan Daddy-nya. Mau yang baca sepuluh apa seribu, bodo amat, doi pantang mundur buat ceritain Mami ma anak-anaknya: Marcell, Fio, ma Nathan. 
Cerita yang Marcell bagi macem-macem. Kebanyakan tentang bakat ma prestasi anak-anaknya yang KEREN, cici yang bakat seninya kuat atau boy yang itung-itungan ma analisisnya jago. Klo baca coretan Marcell kita bakal dibawa belajar soal parenting ala Daddy Marcell deh pokoknya, termasuk gimana cara si Marcell ngerjain si Boy sampe sesenggukan, ini bokap jail juga.
Walaupun jail si daddy ini motherly banget klo saya bilang. Nih Marcell hobinya mulai dari nemenin cici ma boy belajar sampe nyeramahin. Karena alasan inilah, saran saya sih, klo mau maenan, minta aja ke mami, kemungkinan dikasihnya lebih gede. Maklum klo sama Marcell, kayaknya bakal diceramain dulu pake kata-kata bijak, ujung-ujungnya ngga jadi dapet maenan. kenapa si mami? Mami konon orangnya tegas, praktis, ga doyan ribet, dan kata Marcell lebih jago debat dari daddy-nya.   Gaya yang cenderung beda sama Marcell ini justru cocok untuk ngelengkapin gaya daddy yang slengean dan kata dirinya sendiri wise.
Daritadi ngomongin daddy, cici ma boy. Lah trus apa yang bisa dipelajarin dari si mami? Sebenernya rada susah juga sih dapet info soal mami, selain masakannya konon enak banget, cerita soal mami biasanya klo ga soal pacaran ya soal jitak-jitakan (baca: mesra-mesraan), maklum si mami lebih banyak aksinya daripada ngomongnya. Tapi soal perhatian sama aksi mami jagonya. Suster di rumah sakit aja kalah cekatan ma dia, puji si Marcell.
Ngomongin soal aksi mami, selaen masakannya sama kehebatannya memotivasi cici ma boy, Si mami ini yang ngajarin si Marcell untuk ngasih privasi ke anak tapi tetep sesekali meriksa kamar mereka. Dan sejauh ini kepercayaan duet Daddy Marcell sama si Mami menuai hasil positif. Cici ma Boy bertanggung jawab sama privasi yang bonyoknya kasih.
Itulah kenapa saya ga bosen bilang klo si Mami, cici, ma boy keren abis. Klo si Marcell? Tanya aja sama orangnya, soalnya klo nanya ma orang laen jawabannya kadang beda wkwkwkw.

Seenggaknya, cerita diatas adalah beberapa inspirasi yang bisa kita ambil dari mami, cici, ma boy yang keren. Walaupun blom bisa dipraktekin sepenuhnya, seenggaknya pengalaman mereka bisa jadi inspirasi. Maklum yang udah dipraktekin cuma soal ledek-ledekannya doang. Ngeledekin daddy-nya cici ma boy wkwkwkkw. 
Mungkin ngga semua orang setuju dengan kegokilan daddy Marcell. Terlepas dari setuju atau nggaknya, mereka yang singgah bisa memilah mana kegokilan yang mau kita terapkan dan mana yang nggak.  

No comments:

Post a Comment