Wednesday, August 19, 2015

Cara Google Abal-Abal Ala Saya



Sebenernya nyari informasi lewat internet gampang-gampang susah, nggak selalu perlu jadi ahli komputer sih, selama yang nyari tau gambaran yang dicari. Saya sendiri babar blas ndak ada turunan ngahli komputernya, ndilalah hobi mampir aja ke mesin pencari, nyari info, google, kata kerjanya, kata kamus. Surf kata Cambridge Advanced Learner Dictionary-nyah.
dari google

Ngomong-ngomong soal google, saya sendiri juga ga jago-jago amir, Cuma bekel ikan peda eh bahasa ala kadarnya saya tros nangkring di mesin pencari, ngomong-ngomong soal mesin pencari emangnya konsep engine di Inggris sono udah sama ma definisi mesin yang dimari blon ya, kok rasanya ndak pas #sotoy.
Balik lagi ke topik nyari kata kunci, kunci buat nyari info dari google, yahoo, bing dkk, dsb, dll mungkin adalah tau mau nyari apa. Katakanlah mau nyari Ghostbumps. Pertama kita kudu ngeh ghostbumps itu apaan, saya sendiri nggak tau ghostbumps itu apaan. Langkah pertama cari aja di Wikipedia. Situs sejuta umat. Baca gambaran umumnya, judul-judul bukunya, misal dimari https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Goosebumps_books. Misal kita pengen baca Welcome to Camp Nightmare, maka kita tinggal ketik judul yang dimaksud di kotak tempat nulis kata kunci ditambah embel-embel read online, maka voila klik aja pilihan pertama, kita juga bisa coba ketik Ghostbumps series pdf.
Cara yang sama bisa dipake buat nyari film, musik, buku, dkk, dst. Bedanya klo film buntutnya tinggal diubah jadi watch online atau listen online.

Majalahnya artikel atau hal-hal yang ditampilin di internet kadang rada kurang pas (ngga enak bilang kurang akurat). Buat hal-hal yang bau-bau teknis (beda ma teknik), atau istilah yang khas banget, saya pake mindset gaya nyari yang rada beda. Klo orang-orang cari di wiki, saya biasanya langsung ngibrit ke google book. Misal Mangata, bayangan bulan di aer yang bentuknya kayak jalan, cara ngecek apakah info tentang mangata itu pas, kita bisa ketik mangata moon atau mangata Swedish karena asal katanya dari sono. Cara ini biasanya amat berguna pake banget (bingit artinya dengki, sirik), klo kita pengen nyari artikel tentang topik tertentu yang bahasanya asing, makannya saya kadang garuk-garuk klo googling yang bahasanya Indonesiah, jarang nemunya. Terlebih, mungkin orang luar negeri punya budaya literasi ceileh literasi, maksudnya budaya baca dan nulis yang lebih kliatan dari orang kita. Jadi pilihan informasi lebih banyak.
Kenapa saya milih buku, alasan pertama karena artikel dari hasil pencarian banyak dan ngebedain mana yang valid dan nggak, nggak gampang. Walaupun buku juga belom tentu akurat juga, buku biasanya lebih gimanaaaaaaa gitu.  
amazon

Yang perlu diinget, google book nggak nampilin semua isi buku, google book cuma etalase yang nampilin beberapa lembar doang buat mancing minat beli. Akibatnya klo mo baca penjelasan panjelasan komperhensif soal Economic Value Added (EVA) di buku Sinha  Management Control Systems A Managerial Emphasis

misalnya, kita tinggal cari hard copy-nya. Klo pengen cari ebooknya, pake aja cara sebelomnya, ketik read online atau pdf trus judul buku. Biasanya klo emang pdf ada keterangan di mesin pencarinya,
Website juga kadang nyedian link download, cuma dalemannya biasanya kurang meyakinkan, klo pas ya dapet, klo file-nya error kadang bikin nyengir.
Cara lain bisa cari konsep EVA di buku laen, misalnya di buku James L. Grant, mungkin nggak selengkap buku yang kita cari pertama, tapi seennggaknya dari buku laen, yang bisa jadi sepotong-potong juga, kita bisa dapet gambaran umum yang makin utuh, kadang butuh 2-3 buku buat dapet gambaran itu, dan lagi-lagi ragam buku tentang topik asing  biasanya lebih beragam.
Buku emang biasanya ngasih gambaran yang lebih luas, tapi ngga selalu begono juga. Untuk nyari ungkapan dengan deskripsi panjang, yang kadang, bisa diungkapin dengan satu kata dalam bahasa tertentu situs macam betterthanenglish.com bisa jadi punya entri yang lebih beragam lantaran lebih banyak orang yang bisa jadi kontributornya, misal untuk kata veldriti yang berarti ngiyup sampe ujan reda dan klo udah reda kita bisa ngelanjutun aktivitas selanjutnya (setau saya sih ngiyup pasti sampe ujan reda #eh)
Demikian beberapa tips googling abal-abal ala saya, klo ada yang mo nambahin, ngoreksi, dll, dkk, saya seneng pake amir. Perasaan tadi nulisnya google deh kenapa jadi googling lagi (lebih mantep aja rasanya #eh), nanya sendiri, jawab sendiri.    

2 comments: