Wednesday, May 14, 2014

Ripiu Abal-Abalan My Princess


nyomot dari asianwiki

 Lewat perjuangan tukang kirim yang menantang ujan ama badai, akhirnya buku ape nopel Hyun Kyung Sohn’s My Princess kiriman kang Erri ama mbak Rimbi nemplok juga di tangan. Terus terang baca judulnya kagak ngeh klo buku ono adalah drakor yang disulap jadi buku. Maklum kagak gitu doyan drakula klo dibandingin sama temennya temen saya yang katanya doyan banget sama drakor.
Saya pribadi kaga gitu doyan baca (jujur), tapi klo udah penasaran ama buku yang ada ditangan biasanyanya ngunyahnya cepet, kurang lebih 345 halaman, dikunyah dua hari (agenda lagi longgar mode)
Sekali lagi saya sih sebenernya nggak demen-demen amat ngunyah drakor (klo dibandingin sama sosok Maknya  temen kentel saya Si Baby Munyuk yang ngegemesin ntu atau temennya temen saya yang ngakunya ngga gitu demen drakula (nggak percaya).  Tapi walopun ngga demen-demen amat, saya ngga susah-susah amat kayaknya nebak garis cerita drakor yang satu inih. Darimana lagi klo bukan dari inspirasi critanya
Cerita ini kayaknya terinspirasi dari cerita putri rusia nyang kesohor, Anastasia. Tau darimana? Pan disebut cerita singkatnyah dibukuhnyah. Nah siapa yang pernah nonton kartun Anastasia? Monggo nyang blom nonton ngacung (saya termasuk). Lewat miss gugel, saya baru ngeh klo konon Anastasia adalah rakyat biasah nyang ternyatah putri dari kerajaan rusiah sanah. Trus kenapah si Anas ini jadi rakyat biasah ya jangan nanya sayah wong saya blom nonton (penuh), ngelirik di tivi juga paling sepotong-sepotong (ga tau klo tivi orang lain sepotong juga ngga)
Nah kurang lebih ide ceritanya begono. Diceritaken Lee Sul klo kaga salah mahasiswi atropologi nyang kerja sambilan jadi apa aja, termasuk jadi putri-putrian di Istana beneran untuk keperluan wisatah. Nah suatu lagi mejeng jadi putri boongan dateng dah Park Hae-Young pegawai pemerintahan yang kebeneran cucu caebol bin tajir 7 tanjakan. Si oppa ono pengen nyewa putri boongan buat poto bareng putri beneran dari negarah di eropah sanah. Awalnya Lee Sul nolak karena doi bisa ketinggalan kuliah besutan dosen kaporitnyah Nam Jung-Woo. Tapi dengan bujuk rayu tak kenal lelah dengan upah setimpal bin kathah, akhirnya unnie ono mau juga dan jreng-jreng. Tugas udah kelar, saatnya ambil hasil kerja, berhubung oppa tajir punyanya cek, klo besok basuo kembali diminta dah cashnya.
Singkat kata, Park Hae-Young besok-besoknya ngedengerin obrolan kakek sama pelayan setianya. Intinya kakek ono pengen nemuin seorang perempuan nyang ilang. Dan kenapa kakeknya ngebet nyari. Karena sebenernya kakeknya adalah abdi rajah nyang diserahin mandat buat jaga titipan anak raja ma anak cucunya. Berhubung tuh kakek gesit, ulet, dsb, dkk, dst, titipan raja itu akhirnya netes jadi usaha sukses. Nah berhubung kakek abdi itu baek. Dia pengen tuh ngelaksanain kepengenan rajanya. Anak rajanya sendiri sempat ngungsi kemana lupa (maklum baca udah lama) karena masalah negara yang rada kaga kondusip pake p waktu itu. Atas hasil penyelidikan pihak negara, perempuan yang dikamsud ketemu.
Nah kebeneran Park Hae-Young nyang dapet tugas ngejemput ono putri. Berhubung  Park Hae-Young cuman dapet  cerita sepotong-sepotong 11-12 kayak saya pas nonton Anas jadinya ya eng ing eng, bahkan  Park Hae-Young sempat ngira klo putri yang dicari itu bibinya apa apanya gitu.
Bisa ditebak, putri yang dicari ADALAH Lee Sul. Nah berhubung perjalanan rada jauh pake banget, Park Hae-Young ngendon  bentar tempat Lee Sul. Nah ditempat nginep ono terjadi crita cintrong khas drakor. Oppa Chaebol sedingin es doger ketemu ama nonna selebor, penyayang, supel baek budi dkk dst. Kekakuan khas oppa chaebol luntur seketikah lewat perhatian sederhana, bersahabat, ramah ala mpok kroya. Tentunya pake sedikit gontok-gontokan sama berantem manis. Apalagi ditambah rada anget pas Lee Sul ketemuh ama dosen idaman yang ternyatah naksir berat sama koleganya, Koleganya onoh adalah putri pelayan kakek Park Hae-Young yang demen sama Park Hae-Young. Kok bisa? ya bisa wong Nam Jung-Woo satu almamater sama Oh Yoon-Joo. Intinya cinta segi empat khas kroya.
Singkat katah, Park Hae-Young ama Lee Sul nyampe ke tempat kakek. Nah begitu Lee Sul ketemu kakek Park Hae-Young, kakek crita deh klo mpok Lee Sul ntu putri rajah nyang ilang. Kakek  Park Hae-Young juga cerita bakal ngasih segepok amanat rajah terdahulu, Tapi Park Hae-Young kagak setuju dan bikin win-win solution sama  Lee Sul. Lee Sul bakal dikirim keluar negeri sama Park Hae-Young buat sekolah nyang tinggiiiiiii sekali biar pas balik bisa pede gandengan ama dosen idaman.
Berhubung intel kakek Park Hae-Young jago, rencana bubar. Lee Sul kaga jadi brangkat kuliah nyang tinggggggggi sekali dan Park Hae-Young diangkat dah jadi guru pribadi Lee Sul yang ngurusin kepribadian sama tetek bengeknya. Nah dari pertemuan dan riak-riak kecil tapi mesrah khas kroya, intinya happy end dah pokona (sebenernya udah rada ngos-ngosan nyritain sinopsisnya wkwkwkwk).
Pertanyaan nongol, lah kenapa bacanya udah lama, tapi critanya baru sekarang. Karena saya baru dapet feel sama sreg sama datanya sekarang, setelah ngunyah bekal drakor yang lumayan cukup, wlopun ga segarang temennya temen saya sama mommynya sohib saya baby munyuk.
Selain ono, sebenernya sebelom mau bikin coretan ini saya pengen ngintip dulu drakornya. Tapi bukannya pantang surut, liat jumlah episodenya langsung mundur teratur. Ngintip episode pertama aja cuma 15 minit, maklum aje wajah nonnanya ngga mirip mpok-mpok paporit saya, mpok shin hye, mpok minjung, mpok ha neul, mpok ji ah ama mpok eugene. Udin lima pan ye daptarnye? Udah. Pake cara atret ala mak yang anaknya udah saya aku-akuin jadi ponakan sendiri (biar dapet risol gretong), juga ngga berhasil.
Tapi nonton gaya atret bukan kagak dapet sesuatu yang kagak menarik (becak). Lewat hasil ngintip, ternyata persi drakornya beda rada jaoh dari persi bukunya (ya iyalah masak 16 episode semua dijejelin di buku 450 halaman). Cerita di buku kelar di bagian adegan jitak bibir sebelom Park Hae-Young nguli ke Inggris apa kemana gitu. Lah di persi drakor masih lanjut, wlopun ujungnya teteup jitakan juga, di pesawat pribadi klo kaga salah.
Walopun kaga demen-demen banget sama drakulanya, saya menikmati gigitan demi gigitan di buku ini. Logikanya yang manis wlopun klise bikin saya larut (lagunya dewa kayaknya). Itulah coretan, tiap baris katanya ngebuka ruang imajinasi yang bisa bikin nyengar-nyengir sendiri dan kadang geregetan. Termasuk acara kongspirasi Oh Yoon-Joo yang nyeting seakan Lee Sul ono putri jadi-jadian.
Terlepas dari critanyah yang lumayan menggelitik esmosi jiwah, yang bikin sayah terkejut (halah) ternyata saya rada paham-paham amat sama nyang maen drakor, setelah ngintip propilnya. Nyang jadi Lee Sul (Kim Tae-Hee) pernah liat di drakula manaaaaa gitu jaman ikan terbang masih doyan nayangin drakor.  Nah klo nyang jadi Park Hae-Young, pernah nonton di drakor medis adaptasi drajep. Saya inget karena Song Seung-Heon ceritanya jadi dokter dari masa depan nyang mlumpat ke jaman Joseon. Tapi bukan Joseonnya nyang saya inget, melainkan gimana doi bikin inpus2xan dari jarum yang dibakar dan ditusukin ke kelapa utuh nyang dibolongin. Soal jalan cerita drakor Joseon, saya ga gitu ngikutin, maklum blom demen, versi jepangnya wlopun sampe 2 season ama rating menjulang, sami mawon alias sama aja, wlopun saya demen drama medis nonton nyang dua itu kaga demen-demen amir(berhubung kaga ada nyang nanya anggep aja pengumuman). 
Terus apa yang didapet dari drakula nyang ini. Yang jelas selain rasanya yang klise, drakula ini ngingetin saya sama suatu dialog ngga tau nyomot dari acara apa (lupa red). Kayak ending jitakan tadi, akhir bahagia bergantung pada bagian mana kita ingin merampungkan ceritanya.” Sekian dan terima gratisan. 

No comments:

Post a Comment