Monday, March 20, 2017

Kalok Penasaran Sama Fiksi-Fiksi Keren ...


Cover aman novel Possession, pemenang Booker Prize 1990,
akhirnya nemu juga, padahal udah nyari sekitar sejar taon 2007-an begitu nonton tante Palthrow maen versi filmnya
 images-na.ssl-images-amazon.com/ 



Nggak semuanya sih. Nggak semua fiksi elektronik, baik itu buku atau film, bahkan nonfiksi sekalipun, bisa kita dapetin. Buku, fiksi, atau apa pun kita menyebutnya lebih mudah tersedia selama mereka populer. Masalahnya cuma kata kunci yang lebih pas aja.
Faktanya, novel Compass, Mathias Enard, yang diterjemahin Charlotte Mandell belum tersedia meski saya tambahin kata read online, tiap kali saya sempatkan melirik ke mesin pencari, padahal statusnya mentereng, masuk nominasi  booker prize 2017 (klo ada cara yang lebih jitu, saya bakal senang nerima saran, kripik, koreksi dan sebagainya). Wajar sih meski versi bahasa perancisnya sudah hadir dua tahun lalu, terjemahannya baru hadir belum lama, 28 maret.
Rada beda mungkin kalok bentuknya gambar bergerak. Mbak Belle yang kondang sekarang-sekarang, mbrojol tiga hari lalu, versi online udah ada, cukup tambahin kata online di belakang judulnya maka dalam sekejap, kita akan dapat banyak pilihan mo nonton di mana dengan kualitas gambar masih ala kadarnya.
Saya sendiri nggak terlalu berpatok pada library genesis untuk nyari non-fiksi atau fiksi bahasa asing, atau belakangan  book see. Saya juga nggak amat ngidolain sci-hub untuk ngebuka jurnal, atau nggak terlalu gatel nongkrongin fmovies untuk film atau serial, atau nginthilin dramacool klo pengen ngedrajep atau ngedrakor, karena bisa jadi buku atau film yang saya tengok, kaga atau seenggaknya blom nongol di sana. Saya sendiri biasa narok kata read online atau watch online klo penasaran ama fiksi yang dinanti di belakang kata kunci. Dan saya nemu buku tentang speechwriter bukan dari situs yang biasa saya intip tapi dari situs pemajang jurnal.
Sekali lagi, makin populer fiksi yang kita cari, kesempatan untuk dapetnya mungkin aja makin gede, secara pengunggahnya bejibun, 11-12 sama pengunggah terjemahan anime yang cuma selang tiga hari dari jadwal tayang. Dulu drama jepang juga sama sih, sekarang sebulan udah keren, jaman seputar tahun 2011-2012, jaman dramacrazy.net masih hadir. Sekarang dua minggu sekali aja udah keren, klo nggak sebulan. Tapi sekeren-kerennya dorama atau anime, atau film filipina, tetep drakor juaranya, nggak sampek 8 jam, serial tayang di sana, versi yang ada subtitle bahasa Inggrisnya minimal udah bisa dinikmati. Waktu yang bisa jadi orang koreanya sendiri blom sempat nonton. Versi bahasa kalbunya bahkan lebih ajaib. Serialnya lagi tayang, Minimal 15 menit di bagian awalnya udah bisa dinikmati, dengan catatan kita ngeh apa yang pemainnya obrolin. Klo dipikir-pikir sih nggak ajaib amat, secara saya bisa misuh-misuh, cuman jeda 10-15 detik lebih lambat dari masa tayang Lakers pas dikalahin sama Caveliers tadi pagi. Kuncinya tinggal ngecek pertandingannya antara siapa sama siapa terus ketik watch online dibelakangnya. Sekian, dan terima kamir anget nggak pake nanas #eh  

No comments:

Post a Comment