Monday, March 13, 2017

Ngapain Juga Ya Ngoleksi Pembuka PDF Banyak-Banyak Yak?


//www.capitatranslationinterpreting.com/ 

Saya, belakangan, lagi hobi, nyari pembuka PDF yang unik. Bukan sekedar pembuka pdf yang bisa ngedit pdf, tapi punya keunggulan yang unik, yang laen entah apa kek gitu.
Buat camilan sehari-hari, maksud saya ngedit, saya sih biasanya pake nitro 10, terbilang rada jadul sih, tapi paling kagak nitro yang satu ini bisa diunduh tanpa kudu ngoprek entah itu pake crack, patch, atau keygen, lantaran tinggal masukin serial number yang udah tersedia. Versi terbarunya sih udah ada, nitro 11, cuma ya itu, selain kedah ngoprek segala rupa.  Secara pribadi, versi terbaru, buat saya, sejauh pernah nyicip eh nyoba, sekedar lebih enak dipandang ketimbang versi sebelumnya. Fungsi lainnya, yang biasa saya uji coba, sejauh ini sami mawon, OCR, pengubah ekstensi file, ngegabungin sama ngebagi PDF,  atau buat ngasih catetan pada lembar-lembar PDF.
Teks di buku Coconut Cure ini babar blas ndak bisa diklik, biar bisa diklik cukup klik "Make Searchable/Editable" aja

Setau saya pakek Acrobat sih bisa, lebih nyaman malah katanya, katanya yang biasa makek sih #eh, cuman ya itu, katanya yang pernah makek, filenya abot eh gede.
Klo saya ditanya, kenapa pakek pdf editor, entah itu nitro atau foxit, jawaban yang keluar pertama justru bukan karena biar naskah pdf-nya biar bisa dijadiin word atau excel, tapi karena fungsi OCR-nya. Biar coretan yang nongol bisa dijamah-jamah. Kan binun juga klo dapet file pdf, tapi kaga bisa diapa-apain, sekedar dibaca doang. Disalin tak bisa, ditempel apalagi. Ya udah makannya saya pakek Nitro klo nggak Foxit.
 en.freedownloadmanager.org 

Cuma aplikasi yang satu ini tetep ada cumanya, OCR pdf editor begini biasanya cenderung kalem. Mindai teksnya masih kalah banter dari pemindai teks semodel readiris atau Abby, pemindai teks yang seringkali bikin teks yang dipindai tak lagi seindah tampilan format pdfnya. Untuk urusan mindai pdf model begini, Saya belakangan pakek Abby karena ndilalah pas lagi cari-cari pemindai versi mutakhir, ndilalah nemunya Abby. Entah itu Readiris, Abby atau Prizmo, dari sisi fungsi sih sami mawon. Bikin teks yang kita baca bisa diapa-apain eh dimacem-macemin. Jujur saya sendiri lebih doyan tampilan omnipage, lebih elegan bahasa kerennya, simpel klo kata sayanya mah, tapi berhubung belom pernah nyoba, saya tak ada daya tuk komentar banyak, meski konon, menurut bisik-bisik tante google, ABBY mampu memindai teks dengan bahasa yang lebih beragam  ketimbang pemindai lain, setara acrobat kata pcmag.
Pembuka file beginian, ternyata bukan sekedar buat makanan pokok eh cemilan sehari-hari buat saya, tapi juga buat baca-baca (mulai dari taraf serius sampe santai, saya sendiri lebih sukak nyebutnya belajar atau nambah pengetahuan, termasuk waktu nonton film atau denger musik). Dan buat saya, baca-baca kadang memerlukan format ekstensi yang lebih bersahabat. Itulah kenapa saya kadang milih pake Sumatra yang kondang bisa bukak ekstensi dari banyak rupa, dari pdf sampek mobi. Warnanya sephia, jadi nggak terlalu nyolok mata. Jelas klo buat baca yang serius tapi santai, Sumatra bisa jadi pilihan.
gambar diambil dari novel Viet Thanh Nguyen , The Sympathizer versi epun

Apakah segrambreng perangkat lunak eh aplikasi tadi cukup, mau saya sih gitu, tapi ndilalah kok ya blom. Ndilalah beberapa coretan lebih nyaman dinikmati klo ekstensinya berbentuk epub, lebih ringan kata orang-orang, dan emang ketimbang PDF atau Mobi, epub cenderung lebih ringkes, dan doyan nggak doyan, saya kudu berkawan sama calibre untuk mengkorversi file ke bentuk format yang dipengenin. Caranya? tinggal klik add book buat nampilin lembar digital yang pengen kita ubah formatnya, begitu judul bukunya udah kebaca di bagian muka calibre, tinggal klik deh ikon yang coklat buat ngubah formatnya. Selain bisa ngerubah bentuk ekstensi dari yang biasa sampek yang antah-berantah, enaknya pakek calibre, adalah karena tampilannya yang dibikin bersahabat buat mobi. tampilannya dibuat cocok untuk buka file kindle. Namun berhubung saya lebih nyaman  nangkring di PC, tampilan sumatra lebih pas secara pribadi buat saya. Secara umum, yang malesin mungkin cuman atu, nunggu, apalagi klo jumlah halaman (baca: filenya) ukurannya sak hoha.
Coretan saya kliatannya udah panjang nih, Apakah berarti udah kelar? Sayangnya justru blom, seenggaknya satu paragraf lagi, paragraf yang sejatinya jadi inspirasi nomor wahid, kenapa saya bikin coretan nggak genah ini, yaitu gimana serunya baca ekstensi-ekstensi tadi dengan ditemani selarik definisi yang bisa nongol seketika apabila dibutuhkan. Tinggal klik aja, tanpa perlu nyambung internet (meski tetep kudu download dulu sih kamusnya).
Amazon Kindle for PC 


Klo pembaca ibook tinggal membelai layar buat nyari istilah yang pengen dicari definisinya, penikmat PC model saya bisa pakek Kindle for PC. Prinsipnya sama, tinggal klik maka nongollah definisi yang dimaksud. Cara yang mungkin nggak patut ditiru penerjemah (lantaran mau praktisnya aja #eh), tapi bisa jadi layak diikuti mereka yang ingin belajar lebih banyak tentang diksi yang dipakek penulis. Bukan sekedar diksi sih, tapi juga konteks. Konteks terkadang akan makin mudah dipahami klo kita makin ngeh  sama konsep  diksi yang dikreasikan sepenuh hati oleh yang nulis. 
Setau saya, dari beberapa ebook yang pernah saya baca, baru harpot yang tampilan digitalnya 11-12 sama buku fisik

Kamus jadi kelebihan Amazon Kindle. Sayang secara pribadi Amazon kindle rada lemot klo mau digeser-geser halamannya. Selain itu, klo kita emang udah punya koleksi buku digital, untuk mindahin file dari folder kita ke kindlenya terbilang repot. Klo bentuknya pdf kudu impor pdf dulu. Klo bentuknya epub, kudu dijadiin mobi dulu. Enakan klo kita belinya dari amazon. tinggal diklik aja ebooknya secara formatnya udah mobi dari sononya. Dan yang hampir lupa, untuk bisa nampilin ebook dan download kamus monolingual di kindle, kita kudu bikin akun di amazon dulu, klo sign out, kamusnya ikut hangus, jadi kudu donlot lagi klo mo make aplikasinya. Itulah beberapa komentar ra mutu saya tentang pembaca pdf yang tak simpen dikompi saya.  Sekian Coretan nggak penting saya. Menawi wonten yang kurang pas monggo lho dikoreksi, ndak perlu sungkan. 

No comments:

Post a Comment