Friday, March 31, 2017

Klo Mau Ngirim File yang Gedenya Sak Hoha

 
https://cdn.tutsplus.com
 
Sebagai orang yang katanya hobi lirak-lirik kamus nyaris tiap hari (katanya sih begono, padahal ...), file gede kayaknya udah jadi makanan harian. Cuman selama berpuluh-puluh tahun sliwar-sliwer ama file gede (padahal blom selama ono), file yang gede lebih sering saya temuin pas ngunduh. Pas upload ngirim balik, entah kenapa filenya (sekedar kerasanya) nggak gede-gede amat. Bisa jadi nih kayaknya lantaran file yang dateng bentuknya kadang pdf. Pas ngirim ke pihak yang bersangkutan malih jadi produk office, yang terkadang klo dibandingin pakek ekstensi yang sama, file yang kita kirim sebenernya bisa jadi lebih gede. Sejauh ini, file yang saya kirim balik biasanya kisarannya puluhan sampek ratusan mega. Jadi meskipun kecepatan cenderung lebih  pelan, bedanya nggak terlalu kerasa.
Jujur baru kemaren-kemaren ini, saya ngelakuin salah satu hobi favorit saya, selancar buat cari cara supaya bisa ngirim file secepet donlot (Biasanya 10-20 menitan buat file kategori ratusan MB). Lha dalahnya baru kemaren-kemaren juga saya nemu sharefest, website peer to peer yang bisa ngirim file bahkan lebih cepet dari download file pakek idm. File segede 300 MB bahkan cuma perlu sekitar 7-10 detik (rasanya sih 2-3 detikan) buat dikirim. Misterinya adalah kadang loadingnya cepet pisan kadang juga ditinggu ampe sarapan tanduk nggak kedonlot-donlot juga. Kesimpulan sementara, satu url kadang cuman mandi eh manjur buat satu file doang. Satu kali kirim lebih tepatnya. Minimal hipotesis (jiahhh hipotesis) ini mencungul pas saya pake filePizza (jadi laper). Pas saya coba unduh file dari url yang sama, ternyata udah nggak nongol di sono. File pizza sendiri buat saya lebih transparan dalam hal progress donlot ketimbang sharefest. Minimal dari presentase yang ditampilin, saya bisa tau berapa lama saya kudu ngemil  sembari nunggu donlotan kelar. Klo mo ngebandingin antara sharefest ama filepizza, waktu unduh filepizza untuk satu file yang sama kira-kira setara ama waktu yang saya pake buat ngabisin dua pisang ambon. Karena itulah, saya coba  berpindah ke jasa penyedia p2p laen dulu. Siapa tau ada yang lebih cepet. Sejauh reep.io boleh juga. Minimal, sejauh yang saya coba, misteri kenapa file kaga mau kedonlot yang saya temuin beberapa kali pas pake sharefest lebih jarang terjadi. Terlebih kalok file yang saya kirim tak paswortin.  

No comments:

Post a Comment