Thursday, September 19, 2013

Seberapa Menariknya sih Good Doctor dan Serial Medis Lainnya?



Drama medis selalu punya sisi menarik tersendiri. Kita bakal diajak memahami istilah-istilah medis yang konon njelimet itu dengan cara yang nyenengin. Lewat penggambaran visual, kita akan secara ajaib langsung ngeh sama istilah sutura  begitu ngeliat pasien selesai dijahit. 
Prosedur begituan sebenenya termasuk adegan standar di drama medis asia (Code Blue, Summer Rescue Jin/ Dr. Jin, termasuk Good Doctor). Sebagai penonton, kitah pastinya bakal lebih banyak ilmu baru yang bakal kita dapetin dari serial beginian.


Code Blue

Good Doctor sendiri sejak awal udah menjanjikan keseruan luar biasa (pake h). Temanya aja udah menarik, seorang dokter pengidap megasavant yang bercita-cita jadi dokter bedah anak. Bayangin aja seorang dokter (Joo Won) dengan pola pikir anak 10 tahun, tapi punya daya hafal yang sempurna (lebay) serta kemampuan ngeliat benda secara 4 dimensi (foto rontgen aja kalah).
Dramanya menarik? Jangan khawatir deh. Kita bakal disuguhin kisah cinta segi banyak antara  Park Shi-On (Joo Won), Cha Yoon Seo (Moon Chae Won), Profesor Kim Do-Han (Joo Sang Wook) sama Kim Min-Seo (Yoo Chae-Kyung),
Moon Chae Won ma Kim Do-Han

Ceritanya? Nggak kalah asik kok. Berhubung kemaren baru seupil, kali ini saya ceritain panjangan dikit deh. Sekali lagi cerita berawal dari Profesor Choi Woo Seok yang rekomendasiin Shi On jadi residen di Rumah Sakit di sebuah universitas. Sayangnya sebagian kolega Woo Seok rada kurang setuju, maklum Shi On punya kecenderungan autis. Lah klo pas lagi ngoperasi terus trus Shi On mendadak keilangan fokus bisa berabe hasilnya. Kira-kira gitulah salah satu pertimbangan mereka yang kontra.  Tapi pro kontra mendadak ilang setelah Shi On berhasil ngoperasi anak yang kena pecahan beling di stasiun dan aksinya direkam dan ditonton para jemaah youtubiah. 
Awal jadi residen adalah masa yang gampang-gampang susah buat Shi On. Satu sisi, diagnosa ajaib Shi On bolak-balik ngebantu Kim Do-Han ngoperasi pasien, termasuk kasus atresia biliar. Shi On bisa tau persis bagian mana yang harus dioperasi. Cuma disisi laen Do Han sering dibikin gondok sama Shi On. Maklum, pikiran Shi On masih kayak anak-anak umur 10 taon. Satu kali, dia bilang ke orang tua pasien, klo Do Han sanggup ngoperasi anaknya, padahal si anak bukan pasien Do Han. Shi On sendiri mikirnya simpel banget. Shi On tau Do Han mampu, ya udah dengan gampang dia bilang Do Han bakal ngoperasi si anak. Klo gitu gimana Do Han ngga gedeg. Buat Do Han, lebih baik pasien ditanganin dokter biasa yang kecerdasan sosialnya bagus daripada robot jenius cuma komunikasi sosial rada kurang kayak Shi On. Untung aja ada Cha Yoon Seo yang yakin ma kemampuan Shi On dan ngeyakinin Do Han bahwa Shi On ngga seperti yang Do Han kira. Sekali lagi, namanya juga sinetron, omongan Yeon Sheo pasti ada benernya. Pola pikir Shi On yang 11-12 kayak anak kecil justru bikin Shi On bisa menyelami dunia mereka, dan ngga jarang ngebantu anak-anak pra ma pasca operasi dari sisi psikologis.
7th Grade Civil Servant. 

Gimana dari segi akting? Akting Joo Won disini cukup ciamik. Cara bicara ma gesturnya meyakinkan banget sebagai seorang penyandang savant syndrome. Sayaaaaang perannya disini rada membosankan, maklum tugasnya jadi residen cuma itu-itu aja. Ketemu pasien, dengerin curhat, dateng di ruang operasi, nglakuin diagnosis tingkat dewa, sama ngeyakinin orang pake kacamata anak umur 10 taon. Gaya naksir Joo Won sama Chae Won juga kurang gimanah ya, Kurang memorable gituh, Walaupun berusaha keras narik perhatian Chae Won pake bunga, malu-malu nyatain perasaan, ekspresinya sama aja sama waktu ngobrol. Cengar-cengir khas anak kecil, minder, sama salting yang ekspresif yang sehari-hari nongol justru kliatan datar ajah momen sekrusial inih (pura-pura gregetan). Saya pribadi malah masih lebih suka peran Joo Won di 7th Grade Civil Servant yang kocak. 
Akting Chae Won malah lebih kompleks. Chae Won berperan jadi Yoon Sheo, dokter emosian, tapi care berat sama orang di sekitarnya. Gimana akting rasa sukanya ke Do Han sama perannya sebagai sisterly doctor buat Shi On menjanjikan sejak awal. Sayang karakter terakhir ini seakan mentok di 12 episode awal.  Perannya mulai berkembang lagi 2 episode belakangan, terutama pas Yoon Sheo stres gara-gara dia ngga ngedeteksi Pancreatic Psedocyst pasien dan Shi On makin intens nunjukin perhatian ke Yoon Sheo. Sayang momennya kerasa udah telat banget dan keburu ngga dapet (yang nonton keburu gondok), sabar masi ada 6 episode lagi
Lah klo gambarnya begini doang mana
 ngarti sayanyah soal Pancreatic Psedocyst
Yang aktingnya makin berkembang justru Sang Wook. Awalnya Kim Do Han tampil jutek dan dingin. Cuma makin kesini kesan care-nya makin dapet setelah Do Han mulai kenal Shi On. Perannya-pun bergeser mulus dari sekedar Profesor galak, mentor, dan terakhir mulai rada brotherly. Asmara? Boleh deh sedikit dibocorin. Penonton cewek bakal ngerasa sama gregetannya sama Chae Kyung ngeliat gaya Do Han. Walopun baik dan ngga  neko-neko, klo datar mah sami mawon. Lah terus ke Yoon Sheo?  Cerita ngga yaaaaaaaa. gimana klo tonton aja sendiri ya biar penasaran. Intinya karakter Do Han ini masih bisa berkembang, tergantung situasi hubungan Shi On sama Yoon Sheo.

Kekecewaan saya dari segi akting beberapa pemaen belom seberapa, dibanding dari segi visualisasi medis. Buat awam kayak saya, istilah medis yang disampein boleh dibilang nggak ngefek. Istilah medis emang bertebaran di sana-sini, cuma sayang beredarnya cuma di ruang periksa, meeting sebelom operasi, ruang bedah. Ibaratnya saya dikacangin karena yang paham istilahnya cuma antar dokter doang. Hasilnya saya baru bisa paham kenapa Yoon Sheo bisa stres pas gagal ngedeteksi Pancreatic Psedocyst setelah ngecek google. Buat saya, penjelasan doktor Jin tentang bikin infus di era Dinasti Joseon (versi Korea) / Tokugawa (versi Jepang) lebih dapet, karena istilah beratnya divisualin lewat aksi (koreksi klo salah soal era maklum cuma nonton sekilas.
Dari segi akting dan medis, saya masih lebih sreg dengan cerita doktor X. Di serial ini Yonekura Ryoko berperan jadi Daimon Michiko seorang dokter bedah yang ngga pernah gagal ngoperasi pasiennya. Perannya di sini menarik, Selain jutek dan tanpa tedeng aling-aling, dia juga digambarin matrealis berat. Wlopun gitu hasilnya sepadan. Gampangnya, gaya ma karisma Michiko itu kayak Jose Mourinho. Cuma bedanya Michiko ngga suka publisitas. Maklum privasinya makin terganggu klo makin terkenal (bukan gue banget). Sesukses apapun operasinya, dia lebih suka dibilang klo orang lain yang ngelakuin kerjanya. Menariknya lagi, buat Michiko, pendekatan humanis dan kegiatan administratif yang koleganya lakuin, ngga lebih dari kegiatan buang-buang waktu dan cuma make up. Walopun di depan keliatan ramah, tapi ujung-ujungnya ngedumel sama minta fulus bawah meja, jatohnya malah ngga jauh beda sama Michiko (gue bangetz).
Daimon Michiko
Saya juga doyan cara serial ini nampilin visualisasi medis. Pernah satu kali kolega Michiko ngga bisa ngedeteksi ada yang salah di tubuh pasien anak-anak, walaupun si anak ngeluh sakit yang pindah-pindah berkali-kali. Kolega Michiko ngga bisa disalahin juga, karena dia ngga nemuin apapun dari hasil scan organ. Tapi Michiko percaya pengakuan si anak.  Michiko akhirnya ngasih nomer telpon ke si anak dan bilang supaya si anak langsung telepon begitu ada yang ngilu. Berdasarkan pengakuan si anak, Michiko akhirnya berhasil ngediagnosis sumber sakit. Ternyata ada benda asing yang masuk ke aliran darah. Benda asing itu akhirnya berhasil dikeluarin aja gitu sama Michiko, tanpa biaya sepeserpun klo ngga salah. Dokter yang nanganin anak justru malah lagi ikut simposium.   
Setelah ngebandingin dua serial ini, saya nyimpulin klo  Good Doctor lebih ngutamain unsur  drama romatis (dan konflik internal rumah sakit), sehingga unsur medisnya rada kerasa kentang. Anda terserah sih mau pilih yang mana. Saya pribadi yakin ada yang lebih doyan good doctor, indikatonya gampang aja. Di Serial Good doctor ini,  ada penonton yang lebih jago dari sutradaranya. Mereka ada yang gondok sama babe-nya Shi On yang antagonis parah. Ada juga penonton yang ngarep Yoon Sheo jadian sama Shi On (termasuk yang nonton), ada pula yang ngarep sama Do Han. Dan yang begitu bukan cuma satu tapi buanyaaaaaaaaaak.  

Mau nonton ato nggak juga terserah anda, mo yang mana juga terserah situ. Ngomong-ngomong, dari sekitar 6 theme song Good Doctor, saya justru doyan satu-satunya theme song yang belom ketemu, dan karena belom ketemu, saya pasang yang ini aja  

No comments:

Post a Comment