Monday, September 9, 2013

Sun Go Kong rasa baru dalam Journey to the West: Conquering the Demons

 Journey to the West: Conquering the Demons


Gimana rasanya nonton film yang ceritanya udah diadaptasi lebih dari dua puluh kali? Bayangan awal jujur rasanya eneg.   Siapa sih yang nggak tahu cerita perjalanan biksu Tong ngambil kitab suci ke Barat bareng ketiga muridnya. Saya sendiri udah tiga kali aja kali nonton serialnya, itu belom termasuk Dragon Ball ckckckck. Tapi rasa eneg itu sedikit pudar setelah pas saya liat posisi film Journey to the West: Conquering the Demons di daftar Box Office Cina (ceileeee Pudar, Rossa kali ah). Setidaknya sampe beberapa hari yang lalu, posisinya masih diatas Iron Man dan Pacific Rim.
pertanyaannya sih sederhana, apa sih menariknya film ini sampe nangkring di Box Office Cina sana? Berhubung saya nggak tahu makannya saya nonton. Ternyataaa hasilnya sama sekali nggak mengecewakan.
Ceritanya sendiri menjadi menarik karena film ini nggak mengunyah mentah-mentah kisah Biksu Tong dan ketiga muridnya dalam ngebasmi siluman, tapi menginterpretasikan ulang salah satu fragmen dalam cerita ini, lebih tepatnya bagian Tong Sam Chong sebelum jadi biksu.
Dalam film ini dikisahin bahwa Tong Sam Chong (Wen Yang) merupakan seorang pemburu siluman berhati lembut. Berdasarkan ajaran gurunya, Sam Chong diajarin untuk nangkep siluman pake pendekatan manusiawi. Maksudnya, klo perlu cara nangkepnya boleh sih pake otot tapi bukan berarti pake kekerasan. Klopun pake kekerasan, endingnya tetep disirami pake cinta kasih (kok kayak nama penyanyi).
Cara ini diterapin waktu Sam Cong nangkep siluman ikan (apa sungai gitu). Kenapa siluman ini harus ditangkep? Karena siluman nakal ini udah ngebunuh warga desa nelayan. Cerita awal yang kocak dan menjanjikan keseruan. Bersama warga desa, Sam Cong bahu membahu meringkus siluman ikan. Ratusan warga desa berusaha ngejungkelin ikan raksasa pake prinsip jungkat-jungkit. Sayang berhubung ikannya berukuran jumbo, bukan ikannya yang mental keatas tapi warga desanya.   Si ikan akhirnya berhasil mental setelah seorang  perempuan desa ukuran jumbo (maaf diskriminatif) dateng bak gempa bumi lompatin jungkat-jungkit dan … Duaengggggggggggg (saya nggak tega ngelanjutinnya, pokoknya gaya Stephen Chow banget dech).
Fat Lady

Singkatnya setelah mental (ga pake mentul), si ikan ternyata berubah jadi manusia. Maka mulailah si Sam Chong nyanyiin kidung bernuansa R&B untuk nyadarin si siluman. Lah bukannya sadar, si ikan malah nyerang Sam Cong. Untung muncul Miss Duan (Shu Qi), pemburu hantu tomboi yang berhasil ngeringkus siluman pake jurus gelang-gelang CGI (maklum kentara banget kloo itu animasi).
Si Sam Chong takjub sekaligus Syok. Takjub karena Shu Qi aksinya keren banget dan Syok karena pendekatan manusiawinya gagal. Miss Duan? Termehek-mehek dianya karena kelembutan hati si Sam Chong. Sayang cintanya tak terbalas, maklum buat Sam Cong cintanya yang terbesar adalah sama pencipta-Nya. Yah unrequited love gitu lach. 
Walaupun lom terbales, Shu Qi ngga nyerah gitu aja. Dia bertekad ngikutin si Sam Cong ngebasmi siluman laen kemana ajah. Nah kali ini giliran Ti Pat Kai. Tapi penonton yang budiman jangan ngarep bakal ngeliat Pat Kai yang bergenit-genit sana kemari deh, apalagi ngucapin kata-kata begitulah cinta, deritanya tiada akhir.
Disini kita bakal disuguhin cerita siluman babi yang keker dan sulit dikalahin. Miss Duan yang keren aja sampe ngos-ngosan ngadepinnya. Satu-satunya siluman yang bisa ngalahin cuma si Sun Go Kong. Sayang Go Kong dikurung di Gua Gunung Lima Jari sama Buddha karena ngobok-obok kayangan (Joshua nih). Jadi mau nggak mau si Sam Chong ma Miss Duan harus ke gunung lima jari untuk nemuin kera licik satu ini. Simply put, si Go Kong mau bantu mereka berdua asal Miss Duan mau pura-pura jadi dewi bulan untuk mancing Pat Kai animasi ke Gua Lima Jari. Nggak perlu repot-repot, Miss Duan sama Sam Chong cukup nongkrong di luar. Urusan babi animasi biar tunggu beres aja.
Untuk kali ini, ngga usah ngarep bisa nonton aksi gebug-gebugan dua siluman atau aksi Sun Go Kong deh.  Kita justru diajak untuk langsung liat babi mungil tiba-tiba udah ada aja gitu di gendongan Sun Go Kong beberapa menit setelah masuk mulut gua.  
Shu Qhi bareng Stephen Chow

Sampai bagian ini, kita akan makin sadar klo cerita ini beda banget sama cerita Sun Go Kong di tipi kampung saya dulu (ngga tau kampung sebelah). Stephen Chow  sebagai sutradara sepertinya mencoba melihat kisah ini dari sudut pandang baru, melihat Sam Chong mencari jati diri secara manusiawi, tanpa meninggalkan unsur dalam versi originalnya.  Sebuah eksperimen yang beresiko sebenernya. Chow mungkin nganggep bahwa kisah Sun Go Kong sudah cukup ngelotok di kepala penonton. Saya sendiri beruntung bisa memahami alesan yang singkat padet keset Go Kong tentang kenapa Miss Duan harus nyamar jadi dewi bulan untuk nangkep Pat Kai atau kenapa Pat Kai hanya bisa dikalahin sama Go Kong. Alesannya bisa ditarik dari kisah Jendral Tian Feng dalam cerita Sun Go Kong. Tapi saya nggak yakin semua penonton tahu hal ini atau malah cerita ini memang sengaja dibuat untuk merangkul pecinta kisah klasik ini, diperluin peneluran lebih jauh untuk ngebuktiin hal ini. Tapi klo dilihat daftar Box Office-nya bisa jadi. Mengingat film ini sendiri meraup sukses saat ditayangkan di Cina, Singapura, Hong Kong, dan Malaysia. Sekilas negara-negara tersebut emang cukup akrab dengan cerita asli Sun Go Kong.

Ngomongin cerita asli, ternyata saya jadi kelupaan nulis endingnya. Tapi biarin deh, ntar klo diceritain penonton ngga jadi penasaran lagi lanjutan cerita Sam Chong sama Miss Duan. By the way sekedar info, kayaknya pecinta Sun Go Kong tahun ini bukan cuman dimanjain sama film ini aja. Akhir taon, mereka bakal dimanjain juga dengan kisah raja kera yang ngga tau gimana ceritanya. Yang jelas klo diliat dari barisan pemaennya sih ngga maen-maen Donnie Yen, Kelly Chen, Chow Yun Fat sama Aaron Kwok. Saya sendiri Cuma bisa ngucapin selamat menyaksikan.
Interesting Quote: Nggak ada cinta yang rendah atau tinggi. Mo cinta sama Tuhan kek mau sama manusia, Cinta ya cinta aja, terlepas bener enggaknya, ucapan Sam Cong yang satu cukup menggelitik kalbu juga 

No comments:

Post a Comment