Wednesday, October 2, 2013

Bloody Monday: Menikmati Asyiknya Dikerjai Penulis Fiksi


Sebuah fakta sederhana kadang menjadi berkesan klo disampaiin  dengan cara yang nggak biasa. Pujian ini kiranya bisa disampein buat adaptasi komik Bloody Monday karya Shin Kibayashi
Bloody Monday
Dalam satu fragmennya, diceritain seorang harcker remaja dan sahabatnya nemuin kejanggalan dalam sebuah file yang baru diretasnya. File tersebut ternyata berisi video tentang guru baru mereka yang berada di Rusia saat malem natal. Mereka berdua ngga bakal heran klo aja beliau ngga lagi ada di tengah jemaat yang kena senjata biologis gitu. Nah, cerita nggak bakal seru dong klo pemaennya ngga bertindak. Untuk mastiin faktanya, hacker remaja ini nanyain alibi guru yang bersangkutan. Jawaban guru ini cukup meyakinkan. Pada tanggal 25 Desember di waktu yang sama dengan kejadian, guru ini lagi ada di rental film di Jepang. Buktinya ketulis jelas di kartu anggota rental. Biar yakin, guru ini bahkan bersedia minjemin kartu rentalnya untuk dicek. Dengan masukin data dari kartu sewa, hacker muda ini berhasil ngeretas cctv rental yang dimaksud. Dan bener aja, ibu guru cantik ini memang terekam anggun tengah berada di rental tersebut.
Kichise Michiko 
klo gurunya begini mendadak pengen sekolah lagi deh

Sebagai penonton, saya cuma bisa heran. Gimana bisa satu orang ada di dua tempat yang beda di satu waktu yang sama. Jaraknya nggak maen-maen lagi 3633,04 kilo aja. Akhirnya saya cuma bisa manyun ma nebak-nebak logikanya. Maklum, klo mau trus ditonton, model fiksi thriler begini emang harus kuat di logika jalan cerita. Setelah sabar menanti, akhirnya saya nemu jawabannya. Dan alesannya ternyata nggak ribet.  Lewat penjelasan teman si hacker, saya dikasih tahu bahwa masyarakat Rusia ngga merayakan natal pada tanggal 25 Desember, tapi 2 Januari. Simpel tapi cukup bikin nyengir. Dipikir-pikir ternyata saya ini doyan ya dikerjain lewat model yang beginian. Sedari awal logika kita eh saya dibawa untuk percaya bahwa Natal itu pasti 25 Desember, Untuk film ini, ditambah pake bukti video segala lagi. Pas bagian buntut, pandangan umum kita barulah diambrolin, cuma pake wawasan sederhana yang kadang luput dari otak saya. 
Shin Kibayashi
Selewat beberapa waktu nonton serial ini saya nyengir lagi. Kali ini saya bukan nyengir salut atas kejeniusan penulis ngerjain saya, tapi karena kebegoan saya. Mau-maunya ya dibego-begoin sama Shin Kibayashi ini. Kalau emang aksinya ngga mau dihack, ngapain repot-repot upload aksi  ke server? “Klo emang bos penjahatnya khawatir anak buahnya bakal berkhianat mbok video-nya ngga usah diupload kek.” Pikir saya. Tapi otak saya ternyata protes dengan pikiran saya barusan. Mas ini kan serial soal hacker, jadi masuk akal dong ada aksi ngehack, kecuali ini soal kolam ikan yang nongol wajar klo ada mujaer, lagipula ini kan cuma pelm, repot amat sih  loe sampe mikirin logika jalan ceritanya sampe sebegitu amat. 

  

2 comments:

  1. jadi ingin nyari nih film. Syang DVD-ku sedang kacau nih. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. cak komiknya ada kok, udah tak tag di tempat panjenengan

      Delete