Wednesday, September 11, 2013

Bambino: Serial Drama Kuliner Bukan Soal Laper Belaka

Bambino! 

Nonton drama soal makan selalu punya keasikan tersendiri. Ibarat baca fiksi, imajinasi saya kadang ikut meleleh begitu ngeliat rice omelet with brown oyster sauce. Coba bayangin aja telor dadar yang lembut pelan-pelan kita colek pake ujung sendok, didalemnya ternyata udah nunggu aja butiran-butiran nasi yang beruap, Dimakannya bareng saus kecoklatan yang netes-netes pas mau disuapin ke mulut. Saya inget banget tuh rasanya. Apalagi waktu itu nontonnya pas jaman puasa #eh.
Nonton acara beginian pas laper emang enak banget. Tapi yang namanya drama makanan enak, pasti bukan semata soal perut doang. Selalu ada pesen simpel yang terselip manis disana. Salah satu serial yang cukup berkesan buat saya adalah Bambino! Jujur efek laper yang muncul emang nggak seganas Lunch no Joou, dimana saya harus nelen ludah berkali-kali liat saus kaldu coklat meler diatas omelet nasi nyaris sepanjang sebelas episode, tapi dari sisi pesan cerita, Bambino! cukup bisa nampar muka saya secara halus.
No Comment
Bambino! sendiri bercerita soal koki muda masakan italia yang hasil olahannya dapet apresiasi positif di kampungnya (nulis ini fantasi saya bergerilya ngebayangin pasta saus kepiting, padahal nyicipin aja belon pernah, merah dan asepnya ngepul-ngepul deh pokona). Buat masyarakat kampungnya hasil masakan orang ini rasanya cuma ada dua, enak dan enak banget.
Pemilik warung Italia sendiri seneng banget pastinya. Siapa sih yang ngga seneng warungnya laris.  Sayangnya, pemilik warung justru berpandangan lebih jauh lagi, beliau ngeliat dua hal dari koki muda ini, bakat dan potensi kesombongan. Hal inilah yang ngedorong pemilik warung untuk mengirim si koki muda ini ketempat sahabatnya, pemilik restoran Italia di Tokyo, Shishido Tekkan. Satu untuk menempa bakat masak si koki, dan satu lagi untuk menempa mental dan ngasih tantangan buat koki satu ini.
Crab Pasta

Dan hasilnya ternyata bener aja, Koki muda Ban Shogo harus menghadapi tantangan baru ditempat Tekkan. Bukan cuma sekedar masak, tapi angkut, cuci dan iris-iris bahan juga harus dilakoninya. Kesombongan dan rasa bisa Shogo langsung luntur begitu Ban gagal memenuhi tantangan buat masak kaldu dari senior. Alhasil Ban-pun kena damprat para senior.  Shishido Tekkan hanya maklum dan justru balik nyemprot para koki senior. Sebenernya alasan koki senior ini masuk akal, klo ngga bisa ngga usah sok gitu napa. Tapi saya juga paham alesan Tekkan.  Senior juga dituntut harus peka, udah tahu ngga bisa, bukannya diajarin, malah dibully.
No Comment


Sejak saat itu Tekkan nerapin aturan baru buat Ban. Dia harus melalui serangkaian tes untuk mastiin apa Ban bener-bener layak untuk nyentuh dapur (belom masak lho ya). Caranya dimulai jadi seorang pelayan, hingga klo pantes jadi koki beneran nantinya. Sejak saat itu juga, Tekkan ngasih julukan buat Ban yaitu bambino yang berarti anak baru dalam bahasa Italia. Lewat nama itu, Tekkan ngarepin supaya Ban terus belajar dan ngga nganggep remeh tantangan apapun. Dari cerita ini, kita bukan cuma bakal disuguhin pasta dan gelato dingin doang, tapi juga cerita. Cerita gimana rasanya menjalani tantangan yang kita anggap inferior namun perlahan kita nikmati, dan saat udah nikmatin, kita justru dilempar untuk mencoba tantangan baru.  Terus dan terus sampai akhirnya kita mendapatkan apa yang kita impikan lewat kerja keras. Menariknya disini, kita bakal diajak untuk menyelami apa yang terjadi setelah kita mendapatkan apa yang kita mau tersebut. Apa yang bakal Ban alamin, untuk tau lengkapnnya, temukan deh jawabannya sendiri lewat kisah Bambino!

5 comments:

  1. Memang juara felem nya,pesan moral nya pun bagus.hidup itu perjuangan,untuk mencapai cita cita bukan hal yg mudah butuh perjuangan keras dan mental yg kuat, felem Ini pun menjadi inspirasi di hidup saya hehe.

    ReplyDelete
  2. Memang juara felem nya,pesan moral nya pun bagus.hidup itu perjuangan,untuk mencapai cita cita bukan hal yg mudah butuh perjuangan keras dan mental yg kuat, felem Ini pun menjadi inspirasi di hidup saya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salut sama dorama, terlebih sama mas risky, karena dorama ini bisa bener-bener jadi inspirasi buat mas sisky, dan puluhan orang lain :)

      Delete