Monday, February 4, 2013

What do they share in their blog?




Berhubung waktu lagi rada luang, saya-pun berselancar ke dunia maya cari inspirasi, siapa tau dapet ide sumber dana halal dari internet (amin). Lagi-lagi saya tersepona dengan Dr. Youna kim (kaya nama artis korea wkkwkwkkw. foto dibawah kayaknya bukan Kim yang dimaksud dech, maklum jumlah Kim di Korea 400 rebu lebih). Beliau ini ngasih tau saya tentang beragamnya tema personal blog. Dari yang (keliatannya) sekedar curhat colongan ala diary sampe tips kecantikan yang kadang nggak cocok sama selera saya (heloooooo, sejak kapan saya pake make up).

Disinilah saya baru sadar (sebelumnya amnesia berarti), bahwa uniqueness sama creativity berpadu dengan cara penyampaian yang luwes binti memikat bisa jadi kunci sukses laku tidaknya sebuah blog (jualan kaleeeee).

Tapi blog memang persoalan jualan (terkadang), walaupun tidak selalu menyangkut fulus. Katie Freiling  contohnya. Miss Katie itu mendiskripsikan dirinya sebagai  Internet entrepreneur, coach, speaker, visionary and global shift leader. At least from her tagline she is damn visionary, visioner parah. Let’s check up her profile dech. Kita bakalan disuguhi cerita inspiratif. Kisah jatuh bangun dan akhirnya mencapai keseimbangan seperti sekarang.

Tapi hal yang menarik dari Kattie buat saya bukan sekedar cerita inspiratifnya, tapi bagaimana cara Katie membagi inspirasi lewat kata-katanya. Let’s check up videonya yang berjudul How to "Overcome" Feeling Overwhelmed. Bahasa sederhananya adalah gimana cara menaklukan perasaan atau ide yang meluap-luap, terutama saat melihat jutaan peluang menarik di depan mata (sebenarnya peluang memang banyak, Cuma sebagian dari kita aja yang butuh lebih membuka diri untuk cari tau).
Berhubung saya belum sejago Katie dalam menjelaskan saya sampein intinya (menurut versi saya). Intinya ketika energi kita menbuncah, Kattie menekankan kita-kita untuk fokus pada satu titik, prioritas (4:10-an kira-kira). Klo kita dikejar banyak kerjaan, ya just stay focus on one priority.

Secara kontekstual, apa yang disampaikan neng Katie, nggak jauh beda sama aa gym, via 3M-nya mulai dari sekarang, mulai dari hal-hal yang kecil, dan mulai dari diri-sendiri. Walaupun redaksi-nya kagak sama intinya ya stay fokus tadi (saya kebeneran belom gape). Kedua-nya particularly inspiring, dan sederhana, semua orang bisa bilang begitu.

Sederhana itulah kuncinya sebenernya sih. Simplicity sometimes means complicated. Mereka berdua menyampaikan hal sederhana dengan gaya yang khas.
Dan itulah yang saya bilang jualan tadi. Saya akan coba fokus ke miss Katie, karena Mr. AA uda pada paam (langsung dipraktekin fokusnya wkwkwkkw). Pertama kita liat dari judulnya dulu dech How to "Overcome" Feeling Overwhelmed, dua over jadi judul yang mencolok mata, bunyi overcome sama overwhelmed yang mirip bikin orang jadi pengen nonton. Kedua adalah bahasa tubuh dan cara bicara Katie yang enak didengar. Walaupun gaya bicaranya terdengar cepat, tapi bahasa yang dipake sederhana, teratur, tertata rapi dan terdengar percaya diri mulai dari pembukaan, isi, sampe penutup
Yang nggak boleh dilupa adalah gesture-nya. Misalnya saat Katie menjelaskan soal banyaknya pekerjaan yang harus dia “ambil”, maka tangannya-pun ikut bergerak seolah-olah ia juga mengambil pekerjaan itu. Buat saya gerakan tangan itu memberi kesan empatis. She knows us. She involves in our work
Pada menit 6:29-an Katie menjentikan jari sambil mengatakan refocus and reframing. Tindakan itu bukan tanpa maksud loch. Dengan menjentikan jari, secara tidak langsung, Katie seakan mau bilang  mari kita fokus yuk.

Pada saat mengakhiri tuturan, Katie tidak lupa menyampaikan salam penutup ala masyarakat Thai yang sering disebut wai, secara psikologis (buat yang ngarti), gesture model sembah ala Indonesia itu merupakan ekspresi kesopanan. Katie menghargai KITA sebagai Penonton video-nya (ya iyah klo bukan kita saha yang nonton). foto bawah nyomot dari http://thethailandlife.com/

Selesai? ternyata belom, coba deh perhatiin warna baju yang dia pake. Yups warna ungu, adalah lambang ketenangan dan spiritualisme. jadi secara gak langsung kita ikut merasakan pancaran ketenangan lewat warna baju yang Kattie kenakan

Apa yang kita dapet dari neng Katie, selain kecantikannya tentu aja (tetep ya), apa yang ia sampekan ternyata TERKONSEP dan terfokus. Resep yang sama MEMANG tidak selalu memberikan hasil yang sama, namun setidaknya resep yang baik, jika diikuti dengan BAIK, bisa menjadikan manusia lebih BAIK.

No comments:

Post a Comment